Halaman

Senin, 08 Oktober 2012

Jadi Dokter, Siap Belajar Dari yang Sudah Meninggal?

Selamat malam sobat, malem ini gua mau bahas ke arah 'serem' nih, yang lagi sendirian di kamar liat-liat belakang ya, kali aja ada apaa gitu.

Ada yang bercita-cita kelak nanti jadi dokter sob? Udah siap kuliah kedokteran? Ngga gampang lho, di kuliah kedokteran nanti kita belajar anatomi, yap anatomi. Info ini gua dapet dari abang-abang yang kuliah kedokteran, supaya gua tau gitu nanti kalo kuliah.

Secara umum kita kan tau bahwa tubuh manusia tersusun dari beberapa organ tubuh yang saling bekerja sama satu sama lain membentuk suatu sistim, tetapi untuk bisa mengetahui lebih jauh tentang bagian-bagian tubuh tadi kita harus mempelajarinya lebih lanjut. Ilmu anatomi tubuh manusia adalah suatu ilmu yang mempelajari hal tersebut diatas sob, merupakan suatu ilmu dasar Kedokteran yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi pada tahun pertama masa studinya.

Yang perlu sobat ketahui nih, belajar anatominya bukan cuma teori-teori dari buku! Ya, jadi kita praktek langsung, bukan pake boneka menyerupai manusia gitu, tapi mayat beneran yang udah lama direndem pake formalin 2 tahun gitu, darahnya udah dipompa keluar, biasanya sih disebut kadaver.

Di lab anatomi itu kita dihadapakan sama mayat utuh, buat diubek-ubek, dimutilasi, diambil organ-organnya *ngetik sambil gemeteran*. Biar kita tau secara langsung gimana bagian-bagian organ manusia, mempelajari otot-otot, arteri, vena, paru-paru, usus, otak dll.

Serem? Awalnya gua anggap itu serem sob, tapi setelah difikir-fikir lagi, ngga serem-serem juga, toh mayatnya juga buat kita pelajari, nanti setelah jadi dokter, apa yang kita pelajari dari mayat itu bisa buat nolong banyak orang.

Dan satu lagi, dari mayat itu kita juga inget sama yang namanya 'mati', semua mahluk pada akhirnya akan tua dan mati, ganteng dan cantiknya kita nanti ngga bakal ada gunanya lagi, harta juga ngga kita bawa. Ngga ada lagi nanti yang mau kita sombongkan di rumah masa depan kita 'kuburan', kita sendiri disana, dan ngga ada yang namanya Twitter. Se-engganya masih ada gelar, Almarhum..

0 komentar:

Posting Komentar