Halaman

Minggu, 11 Maret 2012

Tugas Mengerikan : Menulis Karya Ilmiah

Hei hei! Ketemu lagi dengan gua Anggi Miftahul Alfan peraih gelar pelajar termalas (baca: terpintar) di dunia :D .


Oke cukup ngawurnya, sesuai judul diatas seminggu yang lalu gua atau tepatnya seluruh murid di kelas diberikan tugas Menulis Karya Ilmiah oleh guru Bahasa Indonesia gua (info ga penting : perlu diketahui guru Bahasa Indonesia gua salah satu guru yang paling ditakuti di sekolah).

Sehari sebelum tugas itu dikumpul gua BELUM SAMA SEKALI ngerjainnya, mati dah gua, untung ada internet yang memudahkan pekerjaan :p, Nah bagi para pembaca yang juga dikasih tugas Karya Ilmiah langsung aja gua kasih tau urutan-urutan pengerjaan karya ilmiahnya, Bekicot!

Karya Ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Nah Ada berbagai jenis karya ilmiah nih sob, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.

Nah ini sistematika penulisan karya ilmiahnya gua liat di WikiPedia :

Bagian Pembuka
  • Halaman Judul
  • Halaman Pengesahan
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Ringkasan Isi
  • Penutup
Bagian Isi

Pendahuluan
  • Latar Belakang Masalah
  • Rumusan Masalah
  • Pembahasan Masalah
  • Tujuan Penelitian
  • Manfaat Penelitian

Kajian teori atau tinjauan kepustakaan

  • Pembahasan teori
  • Kerangka pemikiran dan argumentasi keilmuan
  • Pengajuan hipotesis

Metodologi penelitian

  • Waktu dan tempat penelitian.
  • Metode dan rancangan penelitian
  • Populasi dan sampel.
  • Instrumen penelitian.
  • Pengumpulan data dan analisis data.

Hasil Penelitian

  • Jabaran varibel penelitian.
  • Hasil penelitian.
  • Pengajuan hipotesis.
  • Diskusi penelitian, mengungkapkan pandangan teoritis tentang hasil yang didapatnya.
  • Saran

Bagian penunjang

  • Daftar pustaka.
  • Lampiran- lampiran antara lain instrumen penelitian.
Gimana sobat sudah ngerti? kalau belum gua kasih contohnya deh bisa di download di sini.

0 komentar:

Posting Komentar