Halaman

Senin, 12 Maret 2012

Lucid Dream, Mimpi yang Bisa Dikontrol

Mumpung ada waktu senggang nih pembahasan kita adalah "Lucid Dream".


Apa itu Lucid Dream? Pasti pada ngga tau kan artinya? Udah gua tebak pada oon nih Bahasa Inggrisnya :D

Ya sudahlah, gua juga ga tau tuh artinya, Mbah Google Translate aja ga tau, apalagi seorang Anggi pelajar termalas terpintar di Dunia :D

Oke langsung ke pembahasan, Lucid Dream adalah di mana kita bisa mengontrol mimpi kita, merasakan hal-hal di dalamnya, dan tetap tersadar selama bermimpi. Lucid Dream terbagi menjadi 2 yaitu yang terjadi secara tidak sengaja, dan yang terjadi secara sengaja seperti yang telah kita rencanakan sebelumnya.

Sesi tanya jawab antara Aak dan Eek :

Aak : Ek memangnya perbedaan antara Lucid Dream sama Mimpi Biasa apaan?
Eek : Perbedaannya ya, Lucid Dream adalah mimpi yang bisa kita kontrol seperti yang dijabarkan Anggi diatas,  sedangkan mimpi biasa adalah mimpi yang kita alami yang hanya bisa disaksikan atau ditonton di dalamnya.

Aak : Terus bagaimana cara membedakan Lucid Dream dan Mimpi Biasa?
Eek : Mudah saja, kalau Lucid Dream sesudah bermimpi ingatan mimpi-mimpi itu melekat dalam otak kita, sedangkan mimpi biasa akan ada hal-hal yang terlupakan atau hilang dari ingatan kita.

Aak : Lalu beda Lucid Dream sama Mimpi Basah Apaan?
Eek : HUS! Mimpi basah itu lain lagi.

Aak : He he, lalu manfaat atau keuntungan Lucid Dream apaan Ek?
Eek : Biasanya sih, tujuan utama Lucid Dream adalah untuk menikmati kehidupan di dunia mimpi, di mana kita bisa mendapatkan berbagai pengalaman yang sangat menyenangkan.  Tujuan lain adalah untuk memenuhi keinginan yang tidak bisa tercapai di dunia nyata.  Karena dalam lucid dream kita bisa mengontrol segala sesuatu di dalamnya. Dalam Lucid Dream kita bisa menjadi apapun yang kita inginkan, bagaimana? menarik sekali bukan Ak?
Aak : O

Nah sudah menyimak percakapan Aak dan Eek kan sob? Jika sudah ada tahapan sama langkah-langkah Lucid Dream Nih, dapat dari artikelnya Mas Wiku Pulangasih, Izin ya Mas :D He he.

Tahapan dan Langkah-Langkah Lucid Dream :

1.  Tidur dalam kondisi serileks mungkin, dengan pakaian longgar dan santai.

2.  Kontrol pernafasan dan konsentrasi.  Cobalah untuk memperlambat pernafasan, namun tetap berkonsentrasi ke organ-organ tubuh sobat, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.

3.  Jaga pikiran tetap sadar, namun santai.  Jika anda berusaha tersadar namun tidak santai, anda tidak akan bisa tertidur.  Berusahalah untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat anda tetap sadar dalam kondisi rileks, seperti menghitung domba atau membayangkan diri sobat naik turun tangga.

4.  Sleep Paralysis.  Kondisi ini adalah tahapan utama ke arah Lucid Dream.  Ini adalah tahap di mana sering disebut sebagai "tindihan".  Sobat mungkin akan merasa ditindih oleh sesuatu yang sangat berat, susah bernafas, tubuh serasa berputar dan terlempar.  Ingat, jangan terbangun saat mencapai tahap ini.  Jika sobat bangun karena merasa ketakutan, Lucid Dream sobat akan gagal.

5.  Black Out.  Periode transisi di mana sobat merasa memasuki ruang hitam kelam.  Akan berlangsung selama beberapa saat, dan sekali lagi jangan sampai terbangun.

Nah, setelah melewati tahapan ini, sobat akan mulai merasakan suatu sensasi, entah berupa penglihatan atau suara, yang intinya berarti sobat telah memasuki dunia mimpi dan siap untuk menjelajahinya.  Ingat, jangan mengeluarkan emosi terlalu ekstrim, seperti terlalu bahagia, terlalu marah, atau terlalu takut, karena hal-hal tersebut bisa membuyarkan Lucid Dream.  Intinya hanya satu, tetap konsentrasi.

Cara mendapatkan Lucid Dream.

1.  Cek realitas dan kesadaran sobat, Kenali tanda-tanda mimpi
2.  Ingatlah mimpi sobat
3.  Berusaha bangun di tengah tidur anda
4.  Visualisasi dan Sugesti
5.  Dengarkan gelombang musik untuk mempermudah proses Lucid Dream
6.  Sabar dan terus berlatih

Baik sekian penjelasan Lucid Dream dari gua, semoga membantu para sobat yang ingin merasakan dan ber fantasi ria di "Dunia Mimpi" :D

0 komentar:

Posting Komentar